√ 10 Cara Mengatasi Kucing Muntah Terbukti Efektif

Februari 08, 2020
cara mengatasi kucing muntah muntah

Setelah beberapa waktu lalu idrepo mengajak anda untuk membahas penyebab kucing muntah-muntah, nah seperti yang sudah kami janjikan, artikel selanjutnya akan membahas tentang cara mengatasi kucing muntah-muntah.

Kondisi kucing yang sering muntah memang cukup mengganggu ketenangan para pemiliknya. Anda pun juga akan merasakan kondisi yang demikian.

Cara Mengatasi Kucing Muntah-Muntah

Namun jangan khawatir, berbagai tips di bawah ini bisa anda gunakan untuk mengatasi kondisi tersebut.
Cara Menyembuhkan Kucing Muntah
Cara Menyembuhkan Kucing Muntah

1. Hindarkan dari Penyebab

Dari berbagai uraian penyebab kucing muntah di artikel sebelumnya, pasti anda mengetahui ada berbagai barang dari luar tubuh kucing yang menyebabkan muntah. Bersihkan dan jauhkan barang dari kucing segera setelah mereka muntah. Jangan sampai hal ini justru membuat kucing semakin tambah parah.

2. Bersihkan muntahan

Setelah itu bersihkan muntahan kucing. Jangan sampai kotoran tersebut dijilat oleh peliharaan anda lainnya yang kadang justru membuat kucing lain ikut-ikutan. Jika sudah, semprot dan bersihkan muntahan kucing dengan cairan pembersih agar lantai steril kembali.

3. Pertolongan Pertama

Bersihkan bagian tubuh kucing yang terkena muntahan, lalu berikan pasokan air minum yang bersih dan steril. Air minum ini bisa berperan sebagai penetral sistem pencernaan kucing. Selain itu, air juga mampu membersihkan sistem pencernaan dari penyebab muntah. 

4. Ajak Puasa

Setelah diberikan air putih untuk melunturkan racun dan membersihkan saluran pencernaan, biarkan kucing anda berpuasa. Biarkan kucing tidak mengonsumsi apapun selama kurang lebih 12 jam. Hal ini akan membantu memulihkan sistem pencernaan kucing dari penyebab kucing muntah.

5. Berikan Oralit

Larutan oralit yang terbuat dari campuran gula, garam, dan air hangat mampu membuat masalah pada sistem pencernaan kucing mereda. Larutan ini juga bisa diberikan pada kucing yang mengalami infeksi saluran cerna.

6. Minuman Herbal

Kucing yang muntah mengalami kondisi sistem pencernaan yang sensitif. Anda dapat memberikan terapi berupa asupan minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami bagi kucing. Contohnya minuman jahe hangat dan teh peppermint hangat. Konsumsi jenis minuman ini akan membuat kondisi pencernaan kucing berangsur-angsur pulih.

7. Mengoleskan petroleum jelly

Bahan kimia petroleum jelly ternyata juga bsia digunakan untuk mengobati hairballs pada kucing. Cara penerapannya adalah oleskan jelly pada bagian tubuh kucing yang sering dijilati. Anda juga bisa mengoleskan bahan ini ke mulut kucing.

8. Memberikan Arsenicum

Bahan kimia yang satu ini juga mampu mengobati infeksi saluran pencernaan penyebab kucing muntah. Selain itu, arsenik berfungsi untuk membuang racun yang ada pada tubuh kucing. Anda bisa memberikan larutan arsenik sebanyak 30 cc dalam jangka waktu 2 jam sekali. Lakukan terapi ini selama dua hari setelah kucing muntah.

9. Memberikan hypoallergenic

Makanan yang berkualitas premium memang memiliki harga yang sedikit mahal. Namun jenis makanan ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan kucing. Apabila kucing anda muntah disebabkan oleh alergi, pilihlah makanan kucing yang bersifat hypoallergenic. Dengan demikian, kucing anda akan terhindar dari alergi karena makanan yang tidak higienis.

10. Memberikan Probiotik

Probiotik yang dikonsumsi oleh kucing mampu menciptakan keseimbangan antara bakteri baik dan buruk pada pencernaan. Contoh dari probiotik adalah yoghurt. Ini sangat baik untuk mengatasi kucing yang muntah-muntah.

Pepatah mengatakan jika akan lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kucing lebih penting agar kucing tidak mudah muntah nantinya.  Jika sudah terlanjur, beberapa cara mengatasi kucing muntah-muntah diatas bisa anda terapkan.

Author: Brenda

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement