Inilah 9 Tahapan dan Cara Membangun Rumah dari Nol

Desember 02, 2020

 

Inilah 9 Tahapan dan Cara Membangun Rumah dari Nol

Membangun rumah memang harus diperhatikan dengan benar, pasalnya apabila tidak bisa membahayakan penghuninya. Oleh karenanya, bagi Anda yang hendak membangun sebuah hunian baiknya ketahui dahulu tahapan membangun rumah dan cara-cara yang harus dilakukan.

Hal hal ini penting untuk diketahui, meskipun anda sudah mencari jasa kontraktor rumah, setidaknya dengan mengetahui berbagai macam tahapannya, kita bisa memprediksikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah sehingga persiapannya jauh lebih matang.

 

Rangkaian Tahapan dan Cara Bangun Rumah dari Nol yang Harus Dipahami

Memahami tahapan dan cara membangun rumah memang harus Anda pahami. Apabila masih belum memahimnya, baiknya ketahui dahulu serangkaian tahapan membangun rumah dan cara-caranya yang nantinya Anda terapkan. Berikut ini diantaranya:


1.Tahap awal pengerjaan

Cara dan tahap pertama membangun rumah adalah Anda harus menentukan posisi bangunan serta menetapkan batasannya. Ketika melakukan tahapan awal pengerjaan ini, Anda bisa mulai dengan memasang papan untuk mendirikan pagar pembatas sementara.


2.Pengerjaan bagian pondasi

Tahapan awal dalam membangun rumah biasanya hanya membutuhkan waktu paling lama satu minggu. Kemudian, Anda bisa melakukan tahapan dan cara selanjutnya, yakni pengerjaan bagian pondasi. Mengingat bagian ini sangat penting untuk berdirinya sebuah hunian maupun bangunan.


Anda harus membuat pondasi dengan ukuran yang sudah ditentukan di awal, kemudian gunakan batu sungai agar hasilnya kuat. Jangan lupa untuk merekatkan batu-batu tersebut dengan bahan material lain berkualitas, seperti semen dan pasir yang sesuai.


3.Tahapan struktural bangunan

Tahapan dan cara membangun rumah dari nol berikutnya adalah dengan melakukan pengerjaan sloof. Apa itu sloof? yakni sebuah balok beton yang memiliki tulang datar dan dibuat di atas pondasi. Bahkan pada tahapan ini Anda harus tahu rumus perhitungannya, yaitu sloof x lebar x tinggi = m3.


4.Pengerjaan dinding

Usai dengan tahap pondasi dan struktur bangunan, Anda harus melanjutkan pembangunan rumah dengan cara mengerjakan bagian dinding. Ketika melakukan tahap ini Anda harus berhati-hati dan teliti agar tinggi dan lebarnya sama guna memudahkan pemasangan pintu maupun jendela nanti.


5. Tahap pengerjaan kusen, jendela dan pintu

Setelah dinding berhasil dibangun, tahapan membangun rumah berikutnya adalah mengerjakan bagian kusen, jendala dan pintu. Untuk mempersingkat waktu, Anda bisa membeli kusenan jadi serta menggunakan pintu maupun jendela desain kekinian yang lebih simpel dan tahan lama.


6.Pengerjaan kerangka atap

Cara membangun rumah selanjutnya adalah dengan memasang rangka atas. Hal ini umumnya berupa pemasangan kuda-kuda, nok, kaso, reng dan gording. Untuk mempersingkat waktu pembangunan, Anda bisa langsung memasang gentengnya atau menambahkan alumunium foil jika diperlukan.


Saat memasang bagian ini, sebaiknya Anda berhati-hati atau biarkan pekerja alias tukang bangunan yang memang sudah ahli. Pasalnya, jika dikerjakan dengan sembarang, bisa berbahaya bagi penghuni rumah di kemudian hari. Apalagi jika ada angin besar atau gejala alam lainnya.


7.Plumbing, mekanikal dan elektrikal

Tahapan dan cara membangun rumah dari nol tentu saja harus melalui proses plumbing, mekanikal dan elektrikal. Seperti misalnya, memasang toilet, wastafel, saluran air dan lain sebagainya. Bahkan Anda juga perlu membuat saluran pembuangan dengan benar agar tidak mengalami kebocoran.


8.Finishing atau penyelesaian

Finishing atau penyelesaian bukan berarti termasuk tahapan membangun rumah yang akhir. Pasalnya, Anda masih harus memasang lantai alias keramik di seluruh bagian rumah. Serta, baiknya Anda selesaikan saja bagian dinding-dinding rumah agar tidak bekerja dua kali.


9.Tahap kerja tambahan dan pembersihan

Tahapan dan cara membangun rumah yang terakhir adalah pengerjaan tambahan seperti misalnya memasang pagar, kanopi dan lain-lain. Apabila semuanya sudah beres, tentu saja Anda harus membersihkannya agar hunian siap ditinggali dengan nyaman dan bersih bersama keluarga.

 

Baca Juga: 7 Keuntungan Bisnis Produk HNI HPAI


Sembilan tahapan membangun rumah dan cara-cara yang sudah disebutkan di atas merupakan cara dan tahapan yang umum dilakukan. Oleh karena itu, membangun sebuah hunian membutuhkan waktu cukup lama tergantung tenaga pekerja yang digunakan.

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement